Kajian TV
Welcome
Login

Ceramah Agama Islam: Di Balik Perceraian (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Thanks! Share it with your friends!

URL

You disliked this video. Thanks for the feedback!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Added by Rodja TV in Rodja TV
55 Views

Description

Ceramah agama Islam ini disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin pada Sabtu pagi, 22 Jumadats Tsaniyah 1436 / 11 April 2015, pukul 08:30-12:00 WIB di Masjid Ar-Rahmat, Jl. Anggrek Cendrawasih, Slipi, Palmerah, Jakarta Barat. Pada ceramah ini, Al-Ustadz menyampaikan materi berjudul "Di Balik Perceraian". Di antara bahasan pada ceramah ini adalah tentang hukum cerai / talak dalam Islam hingga akibat dari sebuah perceraian. Untuk itu, mari kita simak video ceramah ini sekarang.

Di Balik Perceraian
Pengertian Cerai
Cerai secara terminologi bahasa adalah melepaskan dan mengangkat ikatan. Ini sebagaimana yang dijelaskan oleh para ulama bahasa, di antaranya di dalam kitab Al-Mishbahul Munir dan Al-Qamus.

Adapun talak di dalam ‘urf al-fuqaha, yaitu di dalam definisi yang disebutkan para ahli fikih, sebagaimana kalau kita ambil dari kitab, misalkan Al-Mughni, adalah:

رفع قيد النكاح في الحال أو المآل بلفظ مخصوص أو ما يقوم مقامه
“Mengangkat ikatan nikah pada saat itu (secara langsung) atau batas waktu yang ditentukan dengan lafadz yang khusus atau seluruh hal yang menunjukkan tanda talak / cerai.”

Itu pengertian cerai menurut ‘urful fuqaha, kebiasaan para ulama fiqih mendefinisikannya.

Talak / cerai itu adalah syariat Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan dalil Surat Ath-Thalaq, ayat ke-1:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ إِذَا طَلَّقْتُمُ النِّسَاء فَطَلِّقُوهُنَّ لِعِدَّتِهِنَّ وَأَحْصُوا الْعِدَّةَ وَاتَّقُوا اللَّهَ رَبَّكُمْ لَا تُخْرِجُوهُنَّ مِن بُيُوتِهِنَّ وَلَا يَخْرُجْنَ إِلَّا أَن يَأْتِينَ بِفَاحِشَةٍ مُّبَيِّنَةٍ وَتِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ وَمَن يَتَعَدَّ حُدُودَ اللَّهِ فَقَدْ ظَلَمَ نَفْسَهُ لَا تَدْرِي لَعَلَّ اللَّهَ يُحْدِثُ بَعْدَ ذَلِكَ أَمْراً (الطلاق: ١)
“Hai Nabi, apabila kamu menceraikan istri-istrimu, maka hendaklah kamu ceraikan mereka pada waktu mereka dapat (menghadapi) iddahnya (yang wajar) dan hitunglah waktu iddah itu serta bertakwalah kepada Allah, Tuhanmu. Janganlah kamu keluarkan mereka dari rumah mereka dan janganlah mereka (diizinkan) ke luar, kecuali mereka mengerjakan perbuatan keji yang terang. Itulah hukum-hukum Allah, maka sesungguhnya dia telah berbuat zalim terhadap dirinya sendiri. Kamu tidak mengetahui barangkali Allah mengadakan sesudah itu sesuatu hal yang baru.” (QS Ath-Thalaq [65]: 1)

Lalu ada apa di balik sebuah perceraian? Maka, mari kita simak segera video ceramah agama ini.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=15285
Rodja.TV: http://rodja.tv/931

Post your comment

RSS