Kajian TV
Welcome
Login

Umdatul Ahkam Hadits 212 - Malam Lailatul Qadar - Ust. Aris Munandar (Eps. 208)

Thanks! Share it with your friends!

URL

You disliked this video. Thanks for the feedback!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Added by in
27 Views

Description

Malam lailatul qadar? Kapan malam lailatul qadar terjadi? Malam lailatul qadar jatuh pada tanggal berapa?

Video ini menjelaskan tentang lailatul qadar dalam pembahasan Kitab Umdatul Ahkam karya al-Hafizh Abdul Ghani al-Maqdisi rahimahullah Hadist ke-212.

Lailatul qadar artinya malam kemuliaan yang penuh dengan kebaikan karena Allah subhanahu wa ta'ala memberikan ganjaran bagi siapa yang beramal shalih pada malam lailatul qadar maka untuknya ganjaran seakan-akan bukan amal shalih yang sama selama 1000 bulan.

Bisa diterjemahkan pula istilah malam lailatul qadar adalah malam penetapan takdir karena pada malam lailatul qadar ditentukanlah takdir apa yang terjadi di dunia selama 1 tahun ke depan. Dari Abdullah bin Umar radhiyallalhu 'anhuma, beliau mengatakan bahwasanya sejumlah orang dari sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam diperlihatkan kapan malam lailatul qadar dalam tidurnya.

Semuanya sepakat bahwasanya lailatul qadar diperlihatkan bisa di 7 hari yang terakhir. Mendengar laporan tentang mimpi tentang kapan lailatul qadar pada sejumlah sahabat dan ternyata semua mimpinya sama, maka Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Saya lihat mimpi-mimpi kalian semuanya sepakat bahwasanya lailatul qadar itu di 7 malam yang terakhir. Siapa saja yang mencari lailatul qadar maka hendaklah dia mencarinya di 7 malam yang terakhir". (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Maka dalam masalah ini syariat telah menegaskan bahwasanya lailatul qadar ada pada 10 malam yang terakhir. Para sahabat mimpi ketika itu tentang kapan lailatul qadar dan semua mimpinya mengandung titik temu yang sama mengatakan bahwasanya lailatul qadar itu di 7 malam yang terakhir. Dan 7 malam yang terakhir tentu menjadi bagian dari 10 malam yang terakhir.

Ada banyak tanda tanda malam lailatul qadar atau ciri ciri malam lailatul qadar. Di antara tanda malam lailatul qadar atau ciri malam lailatul qadar yaitu malaikat menurunkan ketenangan sehingga manusia merasakan ketenangan tersebut dan merasakan kelezatan dalam beribadah, yang tidak didapatkan pada hari-hari yang lain.

Keistimewaan malam lailatul qadar atau keutamaan lailatul qadar di mata para sahabat dapat terlihat dalam hadits tersebut. Sampai-sampai mereka memikirkannya dan memimpikannya. Akhirnya ternyata mimpi-mimpi para sahabat itu sepakat lailatul qadar itu di 7 malam yang terakhir.

Doa malam lailatul qadar atau doa lailatul qadar adalah di antara amalan yang dianjurkan ketika seseorang bertemu dengan lailatul qadar. Lalu bagaimana dengan sholat lailatul qodar? Apakah shalat lailatul qadar ada dalam Islam?

Tahukah Anda kapan malam lailatul qadar terjadi? Ternyata dalam masalah ini para ulama berselisih pendapat.

Yuk, simak selengkapnya dalam video Yufid TV "Umdatul Ahkam Hadits 212 - Malam Lailatul Qadar - Ust. Aris Munandar (Eps. 208)" berikut.
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar lebih tentang Islam : http://www.youtube.com/subscription_center?add_user=moslemchannel
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook : https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram : https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram : https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website : http://yufid.tv
*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store : http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE :

BNI SYARIAH
0381.346.658
a.n. YUFID NETWORK YAYASAN

BANK SYARIAH MANDIRI
7086.882.242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK

Paypal : finance@yufid.org

NB :
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di : https://goo.gl/y7o7Se

Post your comment

RSS