Kajian TV
Welcome
Login

Kajian Tafsir Al Quran Surat Al Fajr: Tafsir Ayat 2 - Ustadz Abdullah Zaen, MA

Thanks! Share it with your friends!

URL

You disliked this video. Thanks for the feedback!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Added by in
12 Views

Description

Pada kajian kali ini akan membahas surat Al Fajr Ayat ke 2 yang artinya Demi malam yang sepuluh. Ayat pertama dan kedua masih berisi sumpah Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Di ayat pertama media sumpahnya adalah Al Fajr yang artinya Waktu subuh. Pada ayat ke dua ini Allah bersumpah dengan media yang lainnya yaitu sepuluh malam.

Kata sebagian ulama manakala Allah Subhanahu Wa Ta'ala bersumpah dengan sesuatu maka sesuatu tersebut adalah istimewa. Dalam karya ulama kita yang dirangkum dalam kitab Zadul Mazir karya Ibnul Jauzi memiliki 4 pendapat dalam menentukan sepuluh malam yang dimaksud itu sepuluh malam yang mana;
1. Sepuluh malam awal bulan Zulhijjah.
2. Sepuluh malam akhir bulan Ramadhan (Tgl 21-30 Bulan Ramadhan)
3. Sepuluh malam pertama bulan Ramadhan
4. Sepuluh malam awal bulan Muharram (Tgl 1-10 Bulan Muharram)

Tidak diragukan lagi bahwa malam-malam tadi berada di hari-hari yang istimewa. Akan tetapi dari empat pendapat itu yang paling kuat adalah pendapat yang pertama dan kedua. Sampai-sampai para ulama berbeda pendapat tajam (mereka saling mendukung/membela pendapat yang dianutnya). Mana yang lebih istimewa dalam satu tahun, apakah sepuluh malam awal bulan Dzulhijjah atau Sepuluh malam akhir bulan Ramadhan?

Kenapa bisa berbeda sedemikian rupa?
Karena di sepuluh bulan Dzulhijjah ada hari Arafah dan disepuluh akhir Ramadhan ada malam Lailatul Qodar. Makannya dari empat pendapat tadi mengerucut pada pendapat yang pertama dan kedua.

Pembahasan dari pendapat pertama dan kedua bisa disimak dikajian ini.

Post your comment

RSS