Kajian TV
Welcome
Login

Kajian Tafsir Al Quran Surat Al-Balad #18: Tafsir Ayat 18 - Ustadz Abdullah Zaen, MA

Thanks! Share it with your friends!

URL

You disliked this video. Thanks for the feedback!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Added by in
20 Views

Description

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Surat Al Balad ayat ke 18; "Mereka (orang-orang yang beriman dan saling berpesan itu) adalah golongan kanan". Mereka adalah orang-orang yang mau mendaki jalan yang terjal. Apa jalan yang terjal?

"Yaitu melepaskan budak dari perbudakan, atau memberi makan pada hari kelaparan, (kepada) anak yatim yang ada hubungan kerabat, atau kepada orang miskin yang sangat fakir. Dan dia termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang" (QS. Al Balad ayat 13-17)

Manusia yang memiliki kriteria di atas mereka adalah golongan kanan. Manusia di hari kiamat terbagi menjadi tiga golongan, golongan kanan dan golongan kiri.

"(Kalian wahai para manusia nanti pada hari kiamat akan) dibagi menjadi tiga golongan. (Golongan yang pertama adalah) golongan kanan dan alangkah mulianya golongan kanan. (Yang kedua adalah) golongan kiri dan alangkah celakanya golongan kiri. Dan orang-orang yang paling dahulu (beriman), merekalah yang paling dahulu (masuk Surga). (golongan yang ketiga) mereka itulah yang dekat (kepada Allah)." (QS. Al Waqi'ah ayat 7-11)

Yang akan kita bahas kali ini adalah 'golongan kanan'. Kenapa dinamai golongan kanan?

Para ulama kita memberikan beberapa keterangan,
1. Karena mereka saat menerima buku catatan amalan menerimanya pakai tangan kanan.
2. Karena nanti pada hari kiamat mereka berjalan menuju arah kanan (Surga).
3. Karena saat kejadian isra' Mi'raj nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam melihat golongan kanan posisinya berada di sebelah kanan Nabi Adam 'Alaihissalam.
4. Karena mereka mendapat limpahan berkah dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Apa keistimewaan Golongan Kanan?
Simak video kajian di atas untuk menemukan jawabannya!

Post your comment

RSS