Kajian TV
Welcome
Login

Ceramah Agama Islam: Sifat Shalat Nabi Muhammad - Bagian Ke-1: Teori (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Thanks! Share it with your friends!

URL

You disliked this video. Thanks for the feedback!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Added by Rodja TV in Rodja TV
23 Views

Description

Video ini adalah rekaman ceramah agama Islam oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. tentang “Sifat Shalat Nabi“, sesi Teori yang terselenggarakan di Masjid Sekolah Al-Azhar Cibubur.
Cara Shalat yang Benar

Masalah shalat adalah masalah besar. Dia adalah rukun yang kedua dari rukun Islam. Para ulama berbeda pendapat setelah mereka bersepakat, bahwa bila ia meninggalkan shalat karena mengingkari kewajiban shalat maka pelakunya kafir, murtad dari agama Islam. Ini adalah ijma’ dari mereka. Tetapi kalau mereka yang meninggalkan shalat karena malas pun terjadi ikhtilaf para ulama, yang rajib (kuat) seperti yang dipilih oleh Syaikh Islam Ibnu Taimiyyah, bahwasanya dibedakan antara orang yang meninggalkan shalat sama sekali dengan orang yang meinggalkan shalat sekali-kali saja. Adapun orang yang meninggalkan shalat sama sekali, maka yang shahih dari pendapat para ulama, bahwa dia kafir, murtad dari agama Islam. Tapi mereka yang terkadang meninggalkan shalat (kadang shalat, kadang tidak), maka yang rajih (kuat) bahwa dia tidak kafir.

Dosa orang yang meninggalkan shalat besar di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Oleh karena itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أول ما يحاسب به العبد يوم القيامة الصلاة، فإن صلحت صلح سائر عمله، وإن فسدت فسد سائر عمله

“Yang pertama kali dihisab dari seorang hamba adalah shalat. Kalau shalatnya baik, maka akan baik semua amalnya. Tapi kalau shalatnya rusak, maka akan rusak pula semua amalnya.”

Ini menunjukkan betapa pentingnya kita mempelajari tentang masalah shalat. Dan tentunya masalah shalat adalah masalah yang sifatnya tauqifiyyah, yaitu menunggu dalil, harus sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Bukankah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

صلوا كما رأيتموني أصلي

“Shalatlah sebagaimana kalian melihatku shalat.”

Ini menunjukkan kewajiban kita di dalam masalah gerakan-gerakan shalat itu mengikuti contoh dan praktik dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

http://rodja.tv/sifat-shalat-nabi-bagian-ke-1-teori-ustadz-badrusalam-lc/

Post your comment

RSS